photo of man using scanner

Mau Bekerja di Dunia Logistik? Cek Faktanya Dulu, Yuk!

Setelah lulus pendidikan, apakah Anda sudah tahu mau bekerja di industri apa? Atau mungkin sudah tertarik untuk bekerja di dunia logistik? . Logistik menawarkan jenjang karir dengan gaji yang bagus. Berikut ini penjelasan tentang dunia logistik, yuk simak!!!

Apa Itu Staff Logistik?

Menurut ZipRecruiter, staff logistik merupakan professional pekerjaan terkait dengan pada transportasi, distribusi dan penyimpanan barang serta material. Staff logistik adalah karyawan yang bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, pelaksanaan dan pengawasan berbagai aktivitas logistik dalam perusahaan.

Peran staff logistik sangat penting dalam bisnis modern karena dapat berdampak langsung pada efisiensi operasional, kualitas produk atau layanan, dan kepuasan pelanggan. Staff logistik bekerja untuk memastikan bahwa barang atau layanan sampai ke pelanggan dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang baik, sambil menjaga biaya dan sumber daya tetap terkendali.

Baca juga : Cara Melamar Kerja PT Graha Globalindo Logistik

Peran dan Tanggung Jawab Staff Logistik

1. Menentukan Sistem Logistics Management Yang Dipakai

Staff logistik bertanggung jawab untuk mengevaluasi, memilih, dan mengimplementasikan sistem manajemen logistik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini mencakup pemilihan perangkat lunak dan teknologi yang akan digunakan untuk memantau, mengontrol, dan mengelola semua aspek logistik.

2. Menentukan Moda Transportasi Yang Akan Dipakai Untuk Proses Pengiriman

Staff logistik memilih moda transportasi yang paling efisien dan ekonomis untuk mendistribusikan barang. Keputusan ini melibatkan pertimbangan seperti jarak, volume pengiriman, jenis produk, dan biaya terkait.



3. Membuat Rancangan Organisasi Logistik

Staff logistik berperan dalam merancang struktur organisasi logistik yang efektif. Ini termasuk menentukan tanggung jawab individu, pembagian pekerjaan, dan koordinasi antara berbagai departemen yang terlibat dalam rantai pasokan.

4. Menentukan Lokasi Pergudangan Pada Lokasi Terbaik

Salah satu tugas staff logistik adalah menentukan lokasi pergudangan yang optimal. Ini mencakup mempertimbangkan faktor seperti aksesibilitas, biaya sewa, keamanan, dan kebutuhan distribusi geografis.

5. Menentukan Kegiatan Operasional Gudang

Staff logistik terlibat dalam merencanakan dan mengelola aktivitas operasional gudang. Ini mencakup pemantauan dan pengelolaan persediaan, pengaturan proses pengiriman dan penerimaan barang, serta pemeliharaan dan keamanan gudang.

Baca juga : Admin Logistik adalah Peran yang Butuh Konsistensi

Skill Yang Harus Dimiliki Staff Logistik

1. Pengetahuan Manajemen Logistik

Pengetahuan mendalam tentang prinsip-prinsip manajemen logistik, termasuk perencanaan rantai pasokan, pengelolaan persediaan, pengaturan transportasi, dan pengawasan operasi gudang.



2. Pengetahuan Manajemen Retail

Untuk staff logistik yang bekerja dalam sektor ritel, pemahaman tentang manajemen retail sangat penting. Ini mencakup pemahaman tentang perilaku konsumen, analisis tren, dan strategi penjualan ritel.

3. Pengetahuan Manajemen Pemasaran

Terutama jika mereka terlibat dalam distribusi produk atau layanan, pengetahuan tentang manajemen pemasaran dapat membantu staff logistik dalam memahami bagaimana produk diposisikan di pasar dan bagaimana hal itu memengaruhi rantai pasokan.

4. Komunikasi Organisasi

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam organisasi, baik lisan maupun tertulis, sangat penting. Ini termasuk berkomunikasi dengan berbagai departemen dan tingkatan manajemen.

5. Hubungan Internasional

Jika perusahaan memiliki operasi internasional, pengetahuan tentang hubungan internasional, perdagangan internasional, dan peraturan internasional dapat membantu staff logistik dalam mengelola rantai pasokan yang melintasi batas negara.

6. Penguasaan Bahasa Asing

Dalam konteks bisnis internasional, kemampuan berbicara dalam bahasa asing bisa sangat berharga. Ini dapat memfasilitasi komunikasi dengan mitra bisnis di luar negeri dan membantu dalam negosiasi dan pemahaman lintas budaya.

Sudah siap untuk bekerja di dunia logistik? Yuk cari dan lamar kerja sekarang di Pintarnya!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.