Jangan Anggap Remeh Pekerjaan Operator Gudang. Berikut Penjelasannya!

featured

Seorang staf gudang (kadang-kadang disebut operator gudang) adalah orang yang melakukan tugas pergudangan, penyimpanan dan penanganan material di gudang atau pusat distribusi, biasanya di bawah instruksi dari manajer gudang. Tanggung jawab pekerja gudang termasuk memilih dan mengemas barang untuk pengiriman, memproses pengiriman masuk dan keluar (misalnya menyortir, memuat dan menurunkan barang), menyiapkan dan memverifikasi dokumen pengiriman dan memastikan produk disimpan di lokasi yang benar dan dalam kondisi baik.

Salah satu tugas utama seorang staf gudang adalah memproses barang yang tiba di gudang (misalnya dengan truk, van, pickup, dll). Pekerjaan pertama seorang pekerja gudang adalah memeriksa apakah barang yang masuk sesuai dengan faktur yang sesuai dan dokumen pengiriman yang menyertainya. Barang juga diperiksa untuk memastikan tidak rusak; barang yang rusak biasanya ditolak dan dikirim kembali sesuai dengan prosedur perusahaan. Setelah pengiriman barang diterima, pekerja gudang menandatangani kuitansi dan dokumen administrasi lainnya dan kemudian menurunkan barang dari kendaraan pengiriman, menyortirnya ke area penyimpanan yang sesuai di gudang (dengan bantuan operator gudang lainnya jika dibutuhkan).

Staf gudang juga bertanggung jawab untuk memproses barang keluar, misal mengambil pesanan dari gudang, mengemasnya (dalam kotak atau peti atau ke palet) dan menyiapkan kertas atau dokumen pengiriman digital yang diperlukan untuk pengiriman.

Dewasa ini, staf gudang menggunakan teknologi perangkat lunak manajemen gudang, seperti pemindai kode batang, pembaca RFID (Radio Frequency IDentification) dan teknologi serupa lainnya untuk merekam informasi produk. Setelah pengambilan dan pengepakan selesai, staf gudang bertanggung jawab untuk memindahkan barang keluar ke dok pemuatan dan mempersiapkannya untuk pengiriman.

Tugas tambahan staf gudang termasuk memastikan bahwa barang keluar siap pada waktu yang dijadwalkan, mengoordinasikan penjemputan dengan pelanggan dan pengirim barang, dan membantu pemuatan paket. Staf gudang juga diharuskan untuk memeriksa apakah isi pengiriman keluar sesuai dengan dokumen terkait (misalnya faktur dan dokumen pengiriman).

Aspek kunci lain dari pekerjaan seorang staf gudang termasuk berhubungan dan berkoordinasi dengan pengemudi pengiriman, pengangkut dan kurir, memastikan buku log selalu diperbarui dan melakukan kontrol inventaris dalam koordinasi dengan kantor pembelian.

Pekerja gudang sering diminta untuk memindahkan barang di antara rak gudang, area bongkar muat dan kendaraan pengiriman. Untuk alasan ini, persyaratan utama pekerjaan ini adalah kemampuan untuk mengoperasikan truk forklift dan palet dongkrak secara manual maupun elektrik dengan aman dan efisien. Saat menggunakan forklift dan/atau kendaraan penanganan material lainnya, staf gudang harus mematuhi peraturan keselamatan dan pencegahan kecelakaan yang berlaku untuk memastikan keselamatan mereka sendiri dan rekan kerja mereka.

Pekerja gudang sering kali diharuskan memiliki lisensi operator forklift yang valid yang menunjukkan kemampuan mereka mengemudikan truk forklift dengan aman dan efisien (ini adalah persyaratan yang sangat umum untuk pekerjaan pekerja gudang/operator forklift) atau SIM untuk truk, van dan kendaraan barang lainnya.

Terakhir, personel gudang yang pekerjaannya mencakup penyimpanan dan penanganan produk kimia dan/atau zat berbahaya mungkin memerlukan izin yang memungkinkan mereka bekerja dengan jenis barang tertentu.

Pekerja/Staf Gudang Dibutuhkan di Semua Jenis Industri.

Sebagian besar iklan pekerjaan untuk posisi pekerja gudang berada di departemen logistik, perusahaan ritel dan grosir besar (misalnya makanan, elektronik, pakaian dan alas kaki, barang konsumsi, furnitur). Perusahaan semacam itu biasanya memiliki gudang besar atau pusat distribusi yang mereka gunakan untuk menyimpan barang yang akan dijual melalui toko fisik atau online, melalui situs e-commerce.

Pekerja gudang juga dipekerjakan oleh perusahaan manufaktur yang memiliki gudang untuk menyimpan bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi (misalnya perusahaan pengerjaan logam dan teknik, bisnis makanan dan minuman, perusahaan kimia dan farmasi, produsen otomotif dan banyak lainnya). Mereka juga dapat menemukan pekerjaan dengan perusahaan yang menyediakan layanan logistik dan transportasi pihak ketiga.

Pekerjaan sebagai staf gudang adalah pekerjaan yang menuntut kekuatan fisik yang sering kali melibatkan pengangkatan, pemindahan, pemuatan, dan pembongkaran barang-barang berat. Selain itu, orang yang bekerja di bidang logistik sering kali berada di bawah tekanan untuk memberikan peningkatan dalam tingkat layanan dan efisiensi. Jam kerja pekerja gudang sering mengikuti pola 2 atau 3 shift tergantung pada persyaratan produksi atau kriteria lainnya. Posisi yang menawarkan jadwal fleksibel, seperti lowongan untuk pekerja gudang paruh waktu, juga dapat ditemukan.

Keterampilan dan Kualifikasi Pekerja Gudang

Pekerja gudang membutuhkan keterampilan berikut:

  • Pengetahuan tentang aspek organisasi, administrasi dan keuangan dari manajemen Gudang
  • Pengetahuan tentang logistik gudang dan prosedur penyimpanan dan penanganan
  • Kemampuan untuk memproses dokumentasi gudang (misalnya faktur pengiriman, daftar pengambilan, daftar harga pembelian dan penjualan)
  • Kemampuan untuk mengoperasikan truk forklift
  • Kemampuan organisasi
  • Keandalan dan presisi
  • Bersedia bekerja shift dengan pendekatan jam kerja yang fleksibel
  • Kebugaran fisik dan stamina yang baik

Jenjang karir Pekerja Gudang

Pekerja gudang biasanya memulai karir mereka di bidang logistik dengan periode pelatihan di tempat kerja. Ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan keakraban dengan tugas dan praktik pergudangan umum. Pekerja gudang yang berpengalaman dapat maju ke peran seperti manajer atau team leader. Sementara peluang pertumbuhan profesional lebih lanjut termasuk ke peran administrasi atau kantor (misalnya, sebagai juru tulis di departemen pembelian atau pengadaan) atau maju menjadi manajer gudang (atau manajer logistik).

Kesimpulan

Ternyata pekerjaan sebagai staf gudang bukanlah pekerjaan yang bisa diremehkan karena ternyata tidak semua orang bisa sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Untuk itu,  jika kamu tertarik dan ingin memperdalam wawasan kamu untuk mengetahui beberapa pekerjaan lain ataupun mengetahui tips untuk menjadi yang terbaik dalam pekerjaanmu, kamu bisa menggunakan layanan dari Pintarnya dengan cara mengakses web kami melalui pranala link berikut www.pintarnya.com dan juga bisa mengunduh aplikasi Pintarnya melalui Google Play Store pada smartphone kamu.

phone

Temukan Berbagai Layanan dan Pengalaman Menarik Lainnya Hanya di Pintarnya

Pintarnya adalah situs lowongan kerja dan juga aplikasi loker yang menghubungkan pencari kerja dan perusahaan/pemilik bisnis. Pintarnya terdaftar dan diawasi langsung oleh KOMINFO, sehingga seluruh loker gratis yang ada terjamin aman. Kandidat dapat dengan mudah menemukan loker aman di aplikasi Pintarnya tanpa perlu khawatir dari loker scamming/penipuan melalui lowongan kerja. Seluruh data dan identitas pribadi kamu aman dari penyalahgunaan, sehingga kamu bisa melamar pekerjaan dengan gratis dan tenang sesuai profil, kualifikasi diri, serta keahlianmu. Tak hanya memudahkan kamu untuk mencari kerja, di Pintarnya, kamu bisa memantau status setiap lamaran kerjamu dengan mudah. Kamu juga tak perlu bingung mencari tahu cara buat CV, bersama Pintarnya, kamu bisa buat CV terbaikmu dan juga surat lamaran kerja melalui fitur Pintarnya dan juga banyak artikel bermanfaat tentang pencarian pekerjaan, tips seputar wawancara, pembuatan resume, dan lainnya. Cari loker aman dan gratis dari mana saja melalui Pintarnya, unduh aplikasi kami di Play Store atau akses situs/website kami untuk kemudahan pencarian kerja!

Mengapa harus Pintarnya?

Pintarnya memiliki berbagai fitur dan layanan bermanfaat yang mempermudah para pencari pekerjaan (job seeker) untuk segera menemukan dan mendapatkan pekerjaan impiannya Tingkatkan Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan dengan CV Pintar CV Pintar adalah resume profesional yang berisikan informasi lengkap tentang pengalaman kerja kamu sebagai pencari pekerja atau kandidat. CV Pintar dari Pintarnya memiliki format CV bersifat ATS-friendly. Apa itu CV ATS-friendly? CV ATS-friendly adalah curriculum vitae yang didesain khusus agar memudahkan kamu untuk lolos seleksi Applicant Tracking System (ATS), yaitu sebuah sistem yang dapat membantu pekerjaan HRD dalam menyeleksi CV pelamar kerja dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat. Biasanya, perusahaan-perusahaan berskala besar memakai sistem ATS. Dengan CV Pintar, kamu bebas dari kebingungan tentang cara buat CV atau cara buat CV ATS-friendly, karena CV Pintar otomatis menyesuaikan informasi yang kamu berikan dan langsung mengubahnya menjadi format CV ATS.

Persiapan mencari kerja oleh Pintarnya

Kartu CV untuk mencari pekerjaan Kartu CV untuk Mencari Pekerjaan Kartu CV adalah rangkuman ringkas atau preview dari informasi pencari kerja yang berisikan (1) nama lengkap, (2) umur, (3) domisili, (4) total pengalaman bekerja, (5) industri, dan (6) foto. Dengan Kartu CV, perusahaan atau pemberi kerja dapat dengan mudah melakukan screening awal dalam proses perekrutan atau rekrutmen kandidat. Ketika kamu mendaftar layanan Pintarnya dan membuat Kartu CV, secara tidak langsung kamu langsung masuk ke ‘daftar prioritas’ karena nama kamu mendapatkan visibilitas lebih, dan akan lebih mudah untuk ditemukan perusahaan atau pemberi kerja. Kamu dapat menikmati fitur ini dengan gratis, tanpa dikenakan biaya. Bank Soal Psikotes Beberapa loker memiliki proses perekrutan yang mengharuskan kandidat melakukan psikotes. Kamu punya akses gratis ke bank soal psikotes Pintarnya yang bisa membantumu dalam menjawab soal-soal psikotest kerja yang berguna untuk mengetahui kepribadian dan karaktermu dengan detail. Dengan rutin latihan psikotes, kamu akan dengan mudah menjawab dan lebih pede dalam mengerjakan soal psikotest untuk proses perekrutan pekerjaan. Persiapan Interview dengan HRD Jika kamu sudah menemukan loker aman yang kamu inginkan dan melamar pekerjaannya bersama Pintarnya, maka sebaiknya kamu mulai mempersiapkan diri sebelum wawancara dengan HRD. Pintarnya membantu kamu untuk persiapan wawancara HRD melalui artikel blog berisikan tips wawancara dan juga pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan HRD saat interview kandidat. Semua bantuan persiapan interview dengan HRD dapat kamu akses secara gratis di website Pintarnya. Cek Informasi Gaji Negosiasi gaji memang bukan suatu hal yang mudah, namun dengan Pintarnya, kamu dapat mengecek informasi gaji di pasaran untuk pekerjaan yang kamu inginkan. Fitur gratis dari Pintarnya ini membantu kamu untuk mengetahui perkiraan gaji sehingga kamu tahu cara nego gaji dengan HRD karena kamu memiliki perbandingan gaji yang jelas. Surat Lamaran Kerja Jika sebelumnya kamu belum pernah membuat surat lamaran kerja, atau tidak tahu cara buat surat lamaran kerja, kamu tidak perlu khawatir. Pintarnya dapat membantu kamu membuat surat lamaran kerja yang sesuai standar, dengan penulisan yang baik dan struktur yang sesuai, karena surat lamaran kerja memiliki struktur yang berbeda dengan CV atau curriculum vitae dan juga resume. Dengan surat lamaran kerja yang baik, recruiter akan lebih mudah melihat tujuan dan kualifikasimu untuk posisi yang mereka butuhkan.