Persiapan Psikotes Kerja, Anti Cemas & Anti Ribet!

featured

Banyak pekerjaan sekarang yang mewajibkan kandidat karyawannya untuk menjalankan psikotes sebagai salah satu persyaratan. Biasanya, tahap ini dilakukan sebelum interview. Tapi tidak jarang juga dijadikan formalitas setelah lolos interview terakhir.

Pastikan kondisi fisik dan mentalmu sedang baik

Saat mengerjakan psikotes, kondisi fisik dan mentalmu itu akan mempengaruhi hasil akhirnya, lho. Pastikan kondisi kesehatanmu fit paling tidak 3 hari sebelum psikotes. Minum vitamin, jaga kesehatan, dan hindari begadang sebelum hari tes.

Jangan lupa juga untuk sarapan sebelum psikotesnya, karena jika kamu mengerjakan psikotes dengan keadaan perut kosong, kamu tidak akan bisa konsentrasi dan fokus mengerjakan psikotesnya.

Tingkatkan kepercayaan dirimu

Sebelum hari ujian psikotes, jangan sampai kamu berkecil hati atau takut gagal. Ubah pola pikirmu dan pastikan kamu tenang dan santai saat mengerjakan tesnya. Tidak perlu takut salah, fokus ke pertanyaan yang kamu bisa jawab terlebih dahulu. Dengan sisa waktu yang ada, baru beralih ke pertanyaan-pertanyaan yang lebih sulit.

Jika sudah tidak tahu mau menjawab apa, pilih yang menurutmu paling mendekati. Pastikan semua jawaban terisi dan tidak ada yang terlewatkan.

Cek contoh-contoh soal psikotes

Sebelum psikotes, kamu bisa melihat banyak sekali contoh-contoh soal psikotes di online maupun offline. Kamu juga bisa pergi ke toko buku untuk mencari buku contoh soal psikotes, jika kamu lebih menyukai mengerjakan langsung di buku fisik.

Jangan lupa untuk latihan semampu kamu sebelum mengikuti psikotes. Kamu juga bisa latihan psikotes dengan Layanan Pintarnya di sini.

Persiapkan alat yang dibutuhkan

Biasanya sebelum hari dijadwalkannya ujian psikotes, pihak perusahaan atau penyelenggara akan mengumumkan lokasi, hari, jam, dan persyaratan serta larangannya. Biasanya, akan dibutuhkan:

  • Pensil 2B
  • Penghapus
  • Pulpen hitam/biru Larangannya pun biasanya tidak boleh menggunakan gadget atau handphone saat ujian berlangsung. Alat bantu seperti kalkulator juga seringkali tidak boleh dipergunakan di dalam ruangan psikotes.

Semangat! Semoga sukses dalam menghadapi ujian psikotesnya. Semoga beruntung dan lulus ke tahap rekrutmen selanjutnya.

Jangan lupa untuk cek Pintarnya, agar bisa mengembangkan skill, cari cuan, dan cari loker sesuai keinginan kamu!

phone

Temukan Berbagai Layanan dan Pengalaman Menarik Lainnya Hanya di Pintarnya

Pintarnya adalah situs lowongan kerja dan juga aplikasi loker yang menghubungkan pencari kerja dan perusahaan/pemilik bisnis. Pintarnya terdaftar dan diawasi langsung oleh KOMINFO, sehingga seluruh loker gratis yang ada terjamin aman. Kandidat dapat dengan mudah menemukan loker aman di aplikasi Pintarnya tanpa perlu khawatir dari loker scamming/penipuan melalui lowongan kerja. Seluruh data dan identitas pribadi kamu aman dari penyalahgunaan, sehingga kamu bisa melamar pekerjaan dengan gratis dan tenang sesuai profil, kualifikasi diri, serta keahlianmu. Tak hanya memudahkan kamu untuk mencari kerja, di Pintarnya, kamu bisa memantau status setiap lamaran kerjamu dengan mudah. Kamu juga tak perlu bingung mencari tahu cara buat CV, bersama Pintarnya, kamu bisa buat CV terbaikmu dan juga surat lamaran kerja melalui fitur Pintarnya dan juga banyak artikel bermanfaat tentang pencarian pekerjaan, tips seputar wawancara, pembuatan resume, dan lainnya. Cari loker aman dan gratis dari mana saja melalui Pintarnya, unduh aplikasi kami di Play Store atau akses situs/website kami untuk kemudahan pencarian kerja!

Mengapa harus Pintarnya?

Pintarnya memiliki berbagai fitur dan layanan bermanfaat yang mempermudah para pencari pekerjaan (job seeker) untuk segera menemukan dan mendapatkan pekerjaan impiannya Tingkatkan Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan dengan CV Pintar CV Pintar adalah resume profesional yang berisikan informasi lengkap tentang pengalaman kerja kamu sebagai pencari pekerja atau kandidat. CV Pintar dari Pintarnya memiliki format CV bersifat ATS-friendly. Apa itu CV ATS-friendly? CV ATS-friendly adalah curriculum vitae yang didesain khusus agar memudahkan kamu untuk lolos seleksi Applicant Tracking System (ATS), yaitu sebuah sistem yang dapat membantu pekerjaan HRD dalam menyeleksi CV pelamar kerja dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat. Biasanya, perusahaan-perusahaan berskala besar memakai sistem ATS. Dengan CV Pintar, kamu bebas dari kebingungan tentang cara buat CV atau cara buat CV ATS-friendly, karena CV Pintar otomatis menyesuaikan informasi yang kamu berikan dan langsung mengubahnya menjadi format CV ATS.

Persiapan mencari kerja oleh Pintarnya

Kartu CV untuk mencari pekerjaan Kartu CV untuk Mencari Pekerjaan Kartu CV adalah rangkuman ringkas atau preview dari informasi pencari kerja yang berisikan (1) nama lengkap, (2) umur, (3) domisili, (4) total pengalaman bekerja, (5) industri, dan (6) foto. Dengan Kartu CV, perusahaan atau pemberi kerja dapat dengan mudah melakukan screening awal dalam proses perekrutan atau rekrutmen kandidat. Ketika kamu mendaftar layanan Pintarnya dan membuat Kartu CV, secara tidak langsung kamu langsung masuk ke ‘daftar prioritas’ karena nama kamu mendapatkan visibilitas lebih, dan akan lebih mudah untuk ditemukan perusahaan atau pemberi kerja. Kamu dapat menikmati fitur ini dengan gratis, tanpa dikenakan biaya. Bank Soal Psikotes Beberapa loker memiliki proses perekrutan yang mengharuskan kandidat melakukan psikotes. Kamu punya akses gratis ke bank soal psikotes Pintarnya yang bisa membantumu dalam menjawab soal-soal psikotest kerja yang berguna untuk mengetahui kepribadian dan karaktermu dengan detail. Dengan rutin latihan psikotes, kamu akan dengan mudah menjawab dan lebih pede dalam mengerjakan soal psikotest untuk proses perekrutan pekerjaan. Persiapan Interview dengan HRD Jika kamu sudah menemukan loker aman yang kamu inginkan dan melamar pekerjaannya bersama Pintarnya, maka sebaiknya kamu mulai mempersiapkan diri sebelum wawancara dengan HRD. Pintarnya membantu kamu untuk persiapan wawancara HRD melalui artikel blog berisikan tips wawancara dan juga pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan HRD saat interview kandidat. Semua bantuan persiapan interview dengan HRD dapat kamu akses secara gratis di website Pintarnya. Cek Informasi Gaji Negosiasi gaji memang bukan suatu hal yang mudah, namun dengan Pintarnya, kamu dapat mengecek informasi gaji di pasaran untuk pekerjaan yang kamu inginkan. Fitur gratis dari Pintarnya ini membantu kamu untuk mengetahui perkiraan gaji sehingga kamu tahu cara nego gaji dengan HRD karena kamu memiliki perbandingan gaji yang jelas. Surat Lamaran Kerja Jika sebelumnya kamu belum pernah membuat surat lamaran kerja, atau tidak tahu cara buat surat lamaran kerja, kamu tidak perlu khawatir. Pintarnya dapat membantu kamu membuat surat lamaran kerja yang sesuai standar, dengan penulisan yang baik dan struktur yang sesuai, karena surat lamaran kerja memiliki struktur yang berbeda dengan CV atau curriculum vitae dan juga resume. Dengan surat lamaran kerja yang baik, recruiter akan lebih mudah melihat tujuan dan kualifikasimu untuk posisi yang mereka butuhkan.