contoh emaillamaran kerja lulusan sma/smk

Contoh Email Lamaran Kerja Lulusan SMA/SMK yang Baik dan Benar!

Di era modern ini, banyak sekali cara untuk melamar kerja bagi para lulusan SMA/SMK. Salah satunya adalah dengan melamar kerja melalui email langsung ke perusahaan yang diinginkan.

Namun, banyak sekali pencari kerja yang masih kebingungan tentang bagaimana menulis email yang baik dan benar untuk melamar kerja ke perusahaan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh email lamaran kerja khusus untuk lulusan SMA/SMK, lengkap dengan hal yang harus diperhatikan saat mengirim email lamaran kerja.

Yuk, simak contoh email lamaran pekerjaan di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan peluang pekerjaan yang diimpikan!

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengirim Email Lamaran Kerja

Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan saat mengirim email untuk melamar kerja ke perusahaan yang Anda tuju.

1. Gunakan bahasa Indonesia yang sopan dan baku 

Mengirimkan email lamaran ke perusahaan tentu berbeda dengan mengirim pesan ke sahabat ataupun keluarga Anda. Ada subject dan body email yang perlu diperhatikan penulisannya.

Saat menuliskan email ke perusahaan, Anda harus memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Hindari menyingkat penulisan kata dan gunakan kata-kata baku yang sopan.

Baca juga: Cara Interview Calon Karyawan untuk Proses Rekrutmen yang Maksimal!

2. Sertakan informasi yang lengkap 

Jangan sampai perusahaan kebingungan membaca email Anda karena informasi yang Anda sertakan kurang lengkap.

Info wajib yang perlu Anda sertakan antara lain adalah Nama, Usia, Jenis Kelamin, Pendidikan Terakhir, Alamat, dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi.

3. Lengkapi email lamaran dengan dokumen-dokumen yang diperlukan 

Untuk mempermudah proses lamaran kerja Anda, sertakan juga dokumen-dokumen utama di email lamaran ke perusahaan yang Anda tuju.

Contohnya: Scan KTP, pas foto terbaru, scan ijazah terakhir, SKCK terbaru, sertifikat kompetensi/webinar/skill (jika ada), dan jika Anda pernah magang sebelumnya, Anda juga bisa menyertakan surat keterangan magang.



4. Tetap jujur dan bagikan informasi yang faktual 

Hindari untuk memberikan informasi yang tidak akurat. Anda tidak perlu menyertakan informasi mengenai kemampuan atau pengalaman yang sebenarnya tidak Anda miliki.

Selain akan merugikan diri Anda, perusahaan juga dapat melakukan follow up, jika Anda ditemukan memberikan informasi yang tidak tepat, proses lamaran kerja Anda akan segera diakhiri.

Contoh Email Lamaran Kerja Lulusan SMA/SMK

Nah, jika sudah tahu hal-hal apa yang harus diperhatikan saat mengirimkan email untuk melamar kerja bagi lulusan SMA/SMK, sekarang saatnya Anda menulis surat lamaran yang baik.

Untuk membantu Anda, berikut adalah contoh email lamaran yang baik:

Contoh Email Lamaran Kerja Lulusan SMA/SMK yang Baik dan Benar!

Jika format tersebut dirasa kurang menggambarkan Anda dalam membuat email lamaran kerja yang baik, berikut beberapa contoh lainnya:

1. Contoh Email Lamaran Kerja Digital Marketing

sumber: Gramedia

2. Contoh Email Lamaran Kerja UI/UX

sumber:Privy

3. Contoh Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

sumber: LiveAgent


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.